Tuesday, 26 June 2012

Tehnik Bermain jimbe


Mengembangkan teknik djembe yang baik adalah penting jika Anda ingin menjadi di-permintaan djembe pengiring atau jika Anda ingin untuk solo untuk kelas tari atau dalam kinerja. Bass, nada, dan tamparan adalah alfabet untuk kosa kata djembe Anda.

Tubuh Mekanika & Pernapasan

Sebelum Anda bahkan menyentuh Anda drum, mendapatkan pemanasan dan mendapatkan membumi. Berjalan di sekitar blok. Jalankan di tempat. Ayunkan lengan Anda secara bebas. Kocok keluar bahu, lengan, pergelangan tangan, dan jari. Melakukan yoga atau tai chi. Bermeditasi. Lakukan apa yang Anda lakukan untuk mendapatkan berpusat dan berdasar dalam tubuh Anda sebelum Anda mulai drum.

Sebelum Anda mulai untuk bermain djembe, Anda harus merasa nyaman dan benar berorientasi ke drum. Duduk di kursi bangku atau tanpa senjata yang tinggi tepat untuk Anda dan Anda drum, miringkan drum sedikit menjauh dari Anda dan tarik lengan atas lateral dari badan Anda sekitar 6-8 inci. Tangan Anda harus beristirahat dengan nyaman rata di kepala drum pada sudut 90 derajat satu sama lain, dengan lengan Anda membentuk garis lurus dari siku ke ujung jari. Untuk berakhir dengan posisi ini, Anda mungkin perlu bereksperimen dengan kursi yang berbeda dan bangku, atau Anda mungkin ingin mendapatkan bangku adjustable-tinggi atau singgasana drum.

Anda juga dapat memainkan djembe yang berdiri dengan drum tergantung dari tali. Banyak pemain menggunakan tali panjang yang membungkus di sekitar gendang dan di pundak mereka. Anda juga dapat menggunakan tali pendek yang hanya berjalan di sekitar pinggang Anda. Dalam kedua kasus, drum akhirnya tergantung di antara kaki Anda. Sesuaikan panjang tali sehingga lengan Anda beristirahat dengan nyaman rata di kepala drum pada sudut 90 derajat satu sama lain, dengan lengan Anda membentuk garis lurus dari siku ke ujung jari.

Ingatlah untuk bernapas. Di tingkat fisiologis, bermain djembe adalah kegiatan kuat, sehingga Anda akan membutuhkan semua oksigen bisa Anda dapatkan. Dari perspektif mekanis, jika Anda menahan napas Anda akan mengacaukan mekanika Anda dan bermain Anda tidak akan santai.

Akhirnya, jangan memakai cincin atau perhiasan lainnya di tangan kami dan lengan ketika bermain djembe, karena mereka dapat merusak kepala drum. Juga, menjaga Anda drum sehingga benar disetel dan sebaliknya siap untuk bermain. Situs web drums.org memiliki tips yang baik tentang bagaimana untuk mempertahankan djembe Anda. Mungkin langkah yang paling penting yang dapat Anda ambil untuk melindungi djembe Anda untuk berinvestasi dalam tas berkualitas tinggi empuk.

Dasar-dasar Teknik Djembe

Sebagian besar suara djembe terbuka dan unmuffled. Untuk semua suara dasar, biarkan rebound yang tangan Anda segera setelah membuat suaranya. Bass A harus pulih seperti itu datang dari trampolin. Nada yang harus melompat seperti Anda baru saja menyentuh kompor panas. Tamparan A harus sehat kembali seperti akhir bullwhip retak.

Pola djembe Kebanyakan dimainkan dari "gulungan," yang berarti bahwa jika Anda mengisi setiap catatan dalam ukuran sebuah, tangan Anda akan bergantian kiri dan kanan. Dalam 4/4 waktu berarti ini bahwa pembukaan lagu dan "+" mengalahkan (jika Anda menghitung 1 e + a 2 e + a dll) yang dimainkan dengan tangan kanan (jika Anda tidak kidal), sedangkan offbeats ( e dan s a) diputar dengan tangan kiri. (The "roll" istilah juga dapat merujuk kepada dua waktu catatan; melihat gulungan djembe halaman saya latihan untuk lebih lanjut tentang ini.)

Anda ingin semua bass Anda, nada, dan menampar memiliki nada yang sama, pitch, dan karakter setiap kali Anda bermain mereka, sehingga sangat penting untuk praktek sebagai banyak atau lebih dengan tangan non-dominan Anda sehingga setiap catatan terdengar sama , terlepas dari tangan Anda gunakan.

Djembe Bass

Bass adalah suara djembe terendah bernada. Untuk membuat suara bass pada djembe, drop tangan Anda ke bawah di tengah drum, dengan pangkal telapak tangan persis di tepi drum. Jempol ini terselip di, paralel (atau hampir sejajar) dengan jari. Keempat jari bersama-sama. Semua telapak, jari-jari, dan ujung jari memukul kepala drum sekaligus dengan niat yang lembut namun tegas. Tidak mencapai semua jalan ke pusat dari drum untuk membuat suara bass, hanya mendapatkan bagian bawah telapak tangan Anda di dalam tepi drum. Jauhkan tangan Anda lembut dan datar atau Anda dapat berakhir dengan menampar atau suara asing lainnya. Begitu tangan Anda hits kepala drum, biarkan pulih seperti itu melakukan flop perut pada trampolin. Gerakan untuk membuat suara bass dimulai pada siku, tapi pergelangan tangan harus mengangkat sedikit lebih dari tangan itu sendiri, bayangkan sebuah string marionette dipasang pada pergelangan tangan mengangkat tangan, dan kemudian hanya membiarkannya jatuh lurus ke bawah ke kepala drum .

Djembe Nada

Nada adalah suara djembe tengah. Banyak guru saya memanggil nada suara alam drum - suara default yang akan mereka buat. Tapi harap dicatat bahwa, sebagai pemain djembe Seattle Lance Scott menunjukkan, "Ini tidak berarti bahwa membuat nada yang baik adalah lebih mudah daripada membuat tamparan baik. Jenis suara drumer paling awal membuat ketika memukul drum adalah suatu tempat antara nada dan menampar (biasanya lebih dekat dengan nada). Untuk mendapatkan nada, baik dalam nada yang lebih tinggi tanpa membutuhkan banyak latihan. "

Untuk membuat suara nada pada sebuah djembe, membentuk garis lurus dari siku Anda ke ujung jari Anda dan menjaga lengan Anda, pergelangan tangan, tangan, jari, dan ujung jari lembut terkunci sebagai satu kesatuan. Bayangkan bahwa lengan Anda seperti baja lunak dan jari Anda bantalan dan ujung jari adalah palu yang tegas akan menyerang kepala drum. Dengan tegak lurus ibu jari Anda untuk jari-jari Anda (sehingga tidak akan memukul tepi drum), tegas menjatuhkan tangan Anda ke kepala drum dengan bantalan di dasar jari-jari Anda mendarat tepat di luar tepi drum. Jari-jari Anda tinggal bersama seluruh gerak sehingga mereka berempat membentuk semacam dayung. Sudut gaya adalah lurus ke bawah ke dalam dan melalui kepala drum. Begitu jari-jari anda memukul drum, mereka harus pulih seperti jika Anda baru saja menyentuh kompor panas.

Djembe Slap

Tamparan itu adalah suara djembe tertinggi bernada. Untuk membuat suara tamparan djembe, menganggap posisi lengan yang sama yang Anda lakukan untuk membuat nada dan kemudian bersantai pergelangan tangan dan biarkan drop-down sehingga telapak tangan diperpanjang kembali sekitar 10 atau 15 derajat. Santai jari Anda dan biarkan mereka alami menyebar dan kurva. Dengan gerakan menjentikkan / mencambuk, drop tangan Anda ke kepala drum dengan bantalan di dasar jari-jari Anda mendarat di (atau hanya luar) tepi drum. Hanya ujung jari Anda harus memukul kepala drum (di ekstrim gerak lambat mereka mendarat di urutan ini: pinky, cincin, tengah, jari telunjuk). Begitu ujung jari Anda memukul kepala drum mereka harus pulih seperti ujung sebuah bullwhip. Arah gaya adalah sedikit miring ke kepala drum (tidak seperti nada, yang berjalan lurus ke bawah ke drum).

Guru saya telah berbeda di persis di mana tangan harus mendarat untuk membuat suara tamparan. Sebagian orang mengatakan bahwa bantalan di bagian atas telapak / dasar jari harus dalam hanya sedikit dari tempat mereka adalah untuk membuat nada. Lainnya mengatakan bahwa mereka harus mendarat di tempat yang sama seperti yang mereka lakukan ketika Anda membuat nada. Percobaan dengan ini untuk mencari posisi yang terbaik untuk Anda. Tujuan Anda adalah untuk berakhir dengan tamparan, garing jelas, clacking.

Meredam Slap

Untuk membuat tamparan teredam pada djembe, gunakan teknik yang sama seperti untuk tamparan biasa, tapi tempat sisi lain pada kepala drum untuk meredam suara. Trik di sini adalah untuk dengan lihai menelusup ke sisi berlawanan drum tanpa mengeluarkan suara. Gunakan gerakan menukik - datang pada sudut datar - dengan cepat dan diam-diam menyelipkan tangan yang tidak bermain di ke kepala drum, dan kemudian membuat tamparan teredam Anda.

Sebuah Komentar dari Profesor Tam Tam Mandingue

Ketika ia membaca artikel ini, Rusty Knorr, yang disertifikasi oleh Mamady Keita untuk mengajarkan bermain djembe tradisional, berkata, "Saya pikir itu adalah penting untuk memperjelas hubungan telapak ke tepi bantalan dalam membuat nada dan menampar. Dalam pengalaman saya dan belajar dari guru saya, lipatan telapak di tepi bantalan dari shell drum titik referensi untuk kedua nada dan tamparan. 'Buku-buku jari telapak' harus berada di dalam tepi bantalan untuk mencegah rasa sakit dan kerusakan jangka panjang tangan. Tak satu pun dari pemain saya telah melihat menggunakan titik acuan memiliki tangan yang buruk tetapi beberapa yang tidak ... tangan mereka seperti cakar! Aku merasa sakit luar biasa dalam belajar untuk menghidupkan sampai Mamady menunjukkan hal ini di awal studi saya dengan dia. "

Rusty dan aku akan terhubung segera untuk membahas ini lebih lanjut, dan saya berharap untuk mendapatkan beberapa foto kemudian untuk ditambahkan ke halaman ini untuk menggambarkan maksudnya.

Perbedaan Antara Nada dan Slap

Saya harap itu jelas dalam deskripsi saya di atas bagaimana nada dan menampar berbeda, tapi itu berguna untuk meluangkan waktu tambahan tentang perbedaan antara nada dan menampar. Perbedaan utama adalah dalam:

sudut serangan: lurus ke bawah ke kepala drum untuk nada, pada sudut miring sedikit untuk tamparan
ketegangan di lengan bawah: ketegangan yang kuat untuk nada, santai untuk tamparan
kurva dari jari: langsung nada, melengkung untuk tamparan
jumlah daging yang hits kepala drum: semua fingerpads dan ujung jari untuk nada, hanya ujung jari untuk tamparan.
Untuk Mamady Keita, itu niat yang membuat perbedaan. Dia memegang tangannya dengan cara yang sama untuk suara masing-masing, tetapi ketika ia berpikir nada, dia membuat nada, ketika ia berpikir menampar, ia membuat tamparan. Namun Anda sampai di sana, hasil akhirnya harus menjadi nada melodi berdebar dan tamparan berderak renyah.

Vokalisasi

Banyak guru djembe dan siswa menemukan semacam vokalisasi membantu. Baba Olatunji sering berkata, "Jika Anda bisa mengatakan itu, Anda dapat memainkannya," dan ia mengembangkan Gun / nya Dun, Pa / Ta, Go / Apakah sistem untuk membantu siswa menyanyikan irama sebelum bermain mereka. Sebagian besar guru djembe saya telah menggunakan beberapa jenis skema vokalisasi. Untuk menjaga hal-hal sederhana, saya sarankan mengadopsi gaya vokalisasi guru Anda saat ini, tetapi jika Anda memiliki banyak guru, Anda juga mungkin ingin mengembangkan sendiri untuk belajar terus-menerus Anda.

Banyak pemain djembe berpengalaman menyuarakan saat mereka bermain. Ketika Pepe Danza solo, dia bersuara non-stop. Ibrahima Camara mengatakan, "Jika saya tidak berbicara, saya tidak bisa bermain." Jadi jika Anda melihat pemain djembe bergumam kepada diri mereka sendiri karena mereka bermain, tidak mempertanyakan kewarasan mereka, hanya mengasumsikan bahwa mereka bekerja di luar kalimat mereka.

Cari Guru yang Baik

Baik artikel maupun sumber tertulis atau direkam lain adalah pengganti guru yang baik. Ada kehalusan dan perbaikan untuk bermain djembe yang dapat Anda kembangkan hanya di bawah bimbingan guru yang berpengalaman. Jika Anda benar-benar ingin menguasai suara djembe, cari guru yang baik.

Praktek

Seperti keterampilan musik, menguasai teknik djembe membutuhkan banyak latihan. Praktek lebih banyak, semakin baik Anda akan terdengar. Tyler Richart, salah satu pemain djembe paling sukses di Seattle, masih menghabiskan satu jam sehari hanya bekerja pada dasarnya suara djembe. Ketika ia mengajarkan djembe bermain solo, Tyler menunjukkan bahwa suara djembe Anda alfabet Anda untuk membuat kata-kata yang Anda gunakan untuk menceritakan kisah Anda. Jika Anda belum menguasai teknik djembe Anda, cerita Anda akan terdengar seperti Anda sedang berbicara dengan mulut penuh kerikil.

Sumber

Saya bersyukur kepada djembe banyak dan tangan guru drum saya telah mempelajari dengan lebih dari bertahun-tahun. Untuk kira-kira kronologis mereka Simone LaDrumma, Bill Matthews, Babatunde Olatunji, Sanga Lembah, Thione Diop, Geoff Johns, Gordy Ryan, Mamady Keita, Rusty Knorr, Rusty Eklund, Pepe Danza, Tyler Richart, dan Ibrahima Camara. Saya juga belajar banyak dari para pemain djembe saya telah bermain dengan untuk kelas tari Seattle: Carold Nelson, John van Broekhoven, Thierno Diop, Ryan Harvey, Tadeus Hunnicutt, dan banyak lainnya. Saya juga berterima kasih kepada dua Seattle dununfolas besar - Frank Anderson dan Marc Langeman - atas dukungan dan bantuan.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment